Senin, 09 Juni 2008

PILKADA MEMANGGILMU

Penentuan Calon PAN, Disorot
MANNA - Ditetapkannya lima orang bakal calon (Balon) kepala daerah yang diusung DPD PAN Bengkulu Selatan (BS) mendapat sorotan. Pasalnya, penetapan disebut-sebut dilakukan tanpa sepengetahuan segenap Balon yang mendaftar.
Kabar ini, ditepis Ketua DPD PAN BS Parial. Dijelaskan, penetapan lima Balon dilakukan sesuai mekanisme partai. Dimana untuk memastikan lima orang Balon, dilakukan rapat internal antara tim verifikasi DPD PAN BS melalui koordinasi dengan sejumlah 'petinggi' partai di Provinsi Bengkulu. "Penentuan lima orang Balon dilakukan berdasarkan aturan partai. Bukan seperti wacana yang berkembang, yakni terpengaruh kepentingan tendensius," bantah Parial. Penentuan Balon, lanjutnya, dilakukan dengan mengedepankan netralitas partai. Mensikapi nada miring yang berkembang seputar penentuan lima Balon dari partai yang dipimpinnya, Parial mengaku siap menjelaskannya kepada segenap pihak yang bermaksud mencari tahu kondisi sebenarnya. "Kita menyadari, ada pihak yang tidak puas dan tidak percaya dengan apa yang diterapkan. Kemungkinan besar ini adalah bentuk lain dari kekecewaan para Balon dan pendukung yang tidak masuk lima besar," ulas Parial.
Sebelumnya, mantan pengurus Partai Bulan Bintang Topan Ganata, SPd mempertanyakan tanyakan tahapan yang diterapkan DPD PAN BS dalam menentukan lima Balon kepala daerah. Penentuan, disebut-sebut melanggar aturan yang disyaratkan panitia penjaringan karena janji semula akan dilakukan pemaparan visi dan misi Balon. Namun dalam praktiknya, sampai lima Balon tersebut ditetapkan apa yang dijanjikan tersebut tidak diterapkan. "Apa yang saya ungkapkan ini mewakili keluhan pada Balon," ujar Topan.
Sekedar mengingatkan, pada 19 - 24 Mei lalu, DPD PAN BS membuka penjaringan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Dari sejumlah nama yang mendaftar, lima orang diantaranya mencuat sebagai Balon. Yakni Ir. H. Ramlan Saim, MM. Rico Dian SAri, SE. BAstari Uswandri, S.Sos. H. Sutan Rabat dan H. Hasmadi Hamid. Keputusan tersebut, disepakati setelah tim verifikasi DPD PAN BS melakukan rapat internal dimana sebelumnya berkoordinasi dengan DPW PAN. Diperkirakan, pekan ini akan mengerucut menjadi dua nama Balon kepala daerah, melalui rapat pleno.(**)

Tidak ada komentar: