Kamis, 16 Oktober 2008

binyo ELECTION CANAL


Pak ‘Bowo’ Duel Dirwan
//Pilkada BS, Dua Putaran
MANNA – Sebagaimana yang diperkirakan banyak pihak, Pilkada Bengkulu Selatan akhirnya dipastikan dua putaran. Pasalnya dari sembilan pasangan calon, tak ada yang mencapai perolehan suara sebanyak 30 persen plus satu dari total pemilih 113.443 mata pilih.
Dari penghitungan suara yang dilakukan sejumlah tim baik dari Humas Pemkab Bengkulu Selatan termasuk tim pemenangan sejumlah pasangan calon, terbukti bahwa pasangan nomor 8 yakni Reskan Effendi, SE dan DR. drh Rohidin, MMA menduduki urutan pertama dengan perolehan suara seitar 20,86 persen atau sebanyak 16.867 suara. Peringkat kedua diperoleh pasangan H Dirwan Mahmud, SH dan H Hartawan, SH yang memperoleh 12.300 suara atau sebesar 15,21 persen dan diposisi ketiga adalah pasangan Ir H Ramlan Saim, MM dan Rico Diansari, SE yang memperoleh 11.438 suara atau sebanyak 14,14 persen.
Perolehan suara tersebut berdasarkan ketersebaran pemilih di 11 kecamatan. Pemilihan, berlangsung sekitar pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Memasuki pukul 13.05 WIB, seluruh tempat pemungutan suara memulai penghitungannya. Ketua KPU BS Zainan Sagiman memastikan meski sejumlah TPS telah merampungkan penghitungannya sebelum pukul 13.00 WIB namun seluruh petugas yang berada di 339 TPS diimbau untuk tidak membuka kotak suara dan melakukan penghitungan sebelum pukul 13.00 WIB. “Ketentuan tersebut sebagai upaya untuk mencapai kebersamaan. Sebab kalau penghitungan dilakukan sebelum pukul 13.00 WIB maka akan ada anggapan bahwa terjadi kecurangan,” terang Zainan.
Majunya Pak ‘Bowo’ atau Reskan Effendi/Rohidin (Redho) diakui pengamat politik Universitas Bengkulu Drs Lamhir Syamsinaga sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja. “Jauh-jauh hari memang sudah mengarah ke Pak Bowo. Ini juga sudah ditunjukkan melalui polling RB yang diselenggarakan lebih dari dua bulan terakhir. Artinya, sejak awal memang sudah diprediksi bahwa Pak Bowo merupakan pasangan calon yang memang dipilih rakyat,” terang Lamhir. Tidak hanya itu, munculnya Dirwan Mahmud diakui Lamhir sebagai sesuatu yang memang sudah bisa diperkirakan. Kondisi ini tercermin dari banyaknya massa yang mengikuti kampanye pasangan yang diusung DPD PDI P BS tersebut.
Lamhir mengungkapkan, dengan majunya pasangan Redho dan pasangan Dirwan/Hartawan ke putara kedua maka konstalasi politik di Bumi Sekundang akan semakin menarik untuk dicermati. Mengapa demikian? Dengan mengerucutnya dua pasangan tersebut maka hampir bisa dikatakan kejelasan dukungan sudah mendekati kepastian. “Saya percaya, semua massa pendukung akan merunut pada Polling RB. Memang terkesan terlalu dini, namun inilah kenyataannya. Polling, berpengaruh besar terhadap pilihan rakyar,” ujar Lamhir.


Reskan Tidak Puas
Ditemui terpisah, Reskan Effendi alias Pak Bowo mengaku tidak puas dengan hasil yang dicapai pada pemilihan suara Rabu (15/10) kemarin. Mengapa demikian? Pak Bowo mengungkapkan, dirinya mengaku sangat optimis tidak ada putaran kedua. Namun demikian, Reskan mengaku sudah sangat bersyukur atas apa yang dicapainya pada pemilihan Rabu kemarin. “Insyaallah, kemenangan tinggal selangkah lagi. Tentunya, putaran kedua akan menjadi kemenanga kita bersama bila warga terus meningkatkan dukungannya pada saya dan Rohidin,” terang Pak Bowo.
Dipastikannya, putaran kedua akan memberikan kontribusi positif. Pak Bowo percaya nantinya akan terjadi lonjakan perolehan suara yang cukup signifikan. Untuk itu, Reskan mengaku akan mengeluarkan ‘jurus’ tersendiri agar masyarakat terus mendukungnya. “Kuncinya perhatian. Bila kita memperhatikan warga maka orang akan lebih perhatian,” ujar Reskan.(**)

Tidak ada komentar: